GEDUNG KPU BANJIR DARAH, RIBUAN MAHASISWA DESAK KPU TOLAK GIBRAN JADI CAWAPRES

oleh -29 Dilihat
oleh

Jurpolnews.Beredar sebuah unggahan video di platform YouTube yang diklaim menggambarkan kejadian mencekam di depan gedung Komisi Pemilihan Umum yang diakibatkan ribuan mahasiswa demo untuk mendesak KPU untuk menolak Gibran Rakabuming Raka menjadi calon wakil presiden (cawapres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

CEK FAKTA :
Faktanya, informasi yang beredar tersebut adalah informasi tidak benar. Setelah dilakukan penelusuran, ditemukan foto yang identik dengan thumbnail YouTube. Foto tersebut diunggah oleh BBC.com pada 09 Oktober 2020. BBC.com menjelaskan buruh dan mahasiswa merobohkan pagar kompleks gedung DPRD Jateng saat berunjuk rasa menolak RUU Cipta Kerja Omnibus Law yang telah disahkan oleh DPR RI di depan gedung DPRD Jateng, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Sementara cuplikan video tersebut merupakan unjuk rasa yang ricuh di depan DPR RI pada tahun 2019. Video aslinya dapat dilihat pada kanal YouTube CNN Indonesia dengan judul “Momen Mencekam Saat Water Cannon-Mobil RAISA Polisi di Gedung DPR Dirusak Massa.”

KESIMPULAN:
Klaim video dengan narasi Gedung KPU banjir darah lantaran demo ribuan mahasiwa menolak Gibran jadi Cawapres merupakan hoaks.

Informasi ini adalah jenis kategori False Context.

RUJUKAN:
https://bit.ly/41rBLiE
https://bit.ly/476C8jG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *