Sinergitas TNI-Polri Jatisari, Upaya Memberantas Tindak Pidana Perdagangan Orang Di Desa Binaan

oleh -9 Dilihat
oleh

Jurpolnews.Polres Karawang – Dalam upaya pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), sinergitas antara TNI dan Polri terus ditingkatkan. Anggota Bhabinkamtibmas Desa Mekarsari Polsek Jatisari Polres Karawang Aiptu Dedi. W.,SH, bersama dengan Babinsa Koramil 0407/Jatisari, Kodim 0604/Karawang Serda Jajang, melaksanakan patroli dialogis dengan warga Desa Mekarsari Kecamatan Jatisari, Kabupaten Karawang.

Dalam patroli dialogis tersebut, Aiptu Dedi bertemu langsung dengan warga untuk menyampaikan pesan-pesan kamtibmas terkait TPPO. Pesan-pesan tersebut adalah :

a. Berhati-hati terhadap penawaran pekerjaan di luar kota atau luar negeri dengan iming-iming upah/gaji yang besar. Jangan mudah percaya dengan bujuk rayu orang yang tidak dikenal.

b. Para orang tua harus selalu mengawasi anak-anaknya dan memberikan pemahaman agar tidak terpengaruh dengan bujuk rayu oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

c. Apabila ada oknum-oknum yang tidak dikenal datang ke rumah untuk merekrut tenaga kerja, segera laporkan kepada Pemerintah Desa atau Petugas Bhabinkamtibmas.

d. Masyarakat diharapkan bersama-sama menjaga keluarga dan lingkungan sekitar agar tidak menjadi korban TPPO.

Aiptu Dedi menyampaikan, bahwa peran serta aktif tokoh agama, tokoh masyarakat dalam melawan TPPO sangat penting. Dengan sinergitas antara TNI-Polri dan kesadaran masyarakat, diharapkan tindak kejahatan TPPO dapat diminimalisir, bahkan dihilangkan.

Terpisah, Kapolres Karawang AKBP Wirdhanto Hadicaksono.,SH.,SIK.,MSI melalui Kapolsek Jatisari Kompol H. Bambang Sumitro,,SH.,MM.,CHRA dalam komentarnya, mengapresiasi langkah-langkah konkret yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas dan Babinsa dalam melakukan patroli dialogis ini. Ia menegaskan bahwa Polsek Jatisari Polres Karawang akan terus bekerja sama dengan TNI dan unsur Muspika dalam berbagai kegiatan preventif dan penindakan untuk menciptakan keamanan dan ketertiban di wilayah hukum Kecamatan Jatisari.

Masyarakat diharapkan untuk selalu mendukung dan melaporkan segala bentuk indikasi tindak pidana, termasuk TPPO, agar dapat ditindaklanjuti dengan cepat oleh aparat keamanan setempat. Dengan kerjasama yang baik antara TNI, Polri, Muspika dan masyarakat, perang melawan TPPO dapat dimenangkan, dan Indonesia menjadi lebih aman dari ancaman kejahatan ini.

Polres Karawang_AKBP Wirdhanto Hadicaksono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *