GAMBAR SESEORANG MEMBAWA BUKU DENGAN COVER “KITAB BELAJAR MENIPU” DENGAN FOTO JOKOWI

oleh -7 Dilihat
oleh

Jurpolnews.PENJELASAN:
Akun Facebook Symbul Mubarokah memposting sebuah gambar yang menunjukkan seseorang sedang membawa buku dengan cover “Kitab Belajar Menipu”. Pada cover tersebut juga terdapat wajah Jokowi. Postingan tersebut diunggah Maret 2024 pukul 10.30.

Setelah ditelusuri menggunakan Google terdapat beberapa gambar yang identik. Jika dilihat pada cover buku tidak ada gambar Jokowi. Terdapat gambar yang identik bernarasi “Kitab Belajar Gendheng” bukan “Kitab Belajar Menipu”. Setelah ditelusuri lebih lanjut gambar yang menunjukkan seseorang sedang membawa buku merupakan hasil editan dan bersumber dari film Kung Fu Hustle. Karakter tersebut diperankan oleh Yuen Chueng-yan. Gambar buku yang dipegang tidak terdapat narasi “Kitab Belajar Menipu” dan foto Jokowi. Gambar cover buku “Kitab Belajar Menipu” dengan foto Jokowi merupakan hoaks lama yang kembali beredar.

Dengan demikian gambar cover buku “Kitab Belajar Menipu” dengan foto Jokowi merupakan hasil editan. Seseorang yang membawa buku tersebut merupakan hasil editan dari film Kung Fu Hustle dan tidak terdapat narasi “Kitab Belajar Menipu” dan foto Jokowi, sehingga masuk dalam kategori konten parodi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *